• BARISTA ADALAH LIFESTYLE

    Barista adalah suatu pekerjaan yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi yang berbasis espresso kepada pelanggan. kata “barista” merupakan  bahasa dari Italia yang berarti “pelayan bar”, dan barista adalah posisi yang terhormat. Posisi Barista di outlet merupakan ujung tombak bagi kami untuk kita saling berbagi mengenai kenikmatan secangkir kopi dan arti sebuah persahabatan.

    Dan espresso bukan hanya sekedar kopi biasa, karena espresso merupakan puncak kenikmatan dan kesempurnaan dari kopi tersebut. Bagaimana tidak, untuk membuat secangkir espresso, seorang Barista dituntut untuk tidak hanya mengandalkan mesin espresso (NOT People behind the Machine) yang kita tahu terdapat mesin espresso yang hanya tinggal tekan tombol maka semuanya pun jadi, tetapi lebih dari itu seorang Barista harus bisa untuk melakukan penyesuaian atas nama standard espresso dan keunikan dari customer.

    Penyesuaian ini mustahil bisa diraih apabila seorang Barista tidak dibekali dan diajarkan bagaimana tentang karakter kopi, karakter espresso, keahlian rasa, dan juga jam terbang yang tinggi.

    Mempersiapkan shot espresso melibatkan sejumlah proses yang detail dan kompleks, mulai dari melakukan penyesuaian grinder (penggiling biji kopi) untuk menentukan halus kasar nya kopi, dosing, levelling, tamping untuk mencapai sebuah flow espresso yang standard, standard disini tidak kami definisikan sebagai 1 shot sebanyak 25 ml selama 20 – 30 detik, tetapi mencapai best spot dari karakter kopi tersebut. Best spot ini lah yang membutuhkan kompleksitas dari seorang Barista.

    Di Indonesia sendiri ajang unjuk keterampilan para peracik kopi dan penikmat kopi selalu diadakan setiap dua tahun sekali yaitu Indonesian Barista Competition (IBC)  lomba yang digelar untuk mendapatkan barista-barista nasional yang akan menjadi wakil Indonesia dalam lomba bergengsi di tingkat Asean, Asia Pasifik, hingga tingkat Dunia yaitu WBC (World Barista Championship). Ajang ini, terbukti telah mendongkrak popularitas industri hilir perkopian di Indonesia. Sepanjang 2011-2014, training barista, coffeeshop serta profesi barista semakin menjadi lifestyle.

    Dengan sering digelarnya ajang ini, para pebisnis dibidang kopi semakin berkembang, diantaranya mereka membuat sebuah coffeeshop, atau roastery yang kualitas kopinya sangat bagus.

    Intinya para pemilik coffeeshop sudah mulai belajar lebih bagaimana cara membuat kopi yang baik dengan bahan baku yang berkualitas sehingga bisnis kopi kedepan akan semakin cerah. (Koes Haryanto)