• cupping

    Caswells Coffee sebagai sponsor dalam acara COFFEE EXPLORE 2014 di Semarang.

    Serangkaian acara pada Coffee Explore akhirnya berakhir pada 15 – 19 October lalu. Puncak acara yang menyajikan “Java Barista Competition” dan “Kopi Kontes special ke-6” diselenggarakan di DP mall Semarang. Sebelumnya sejak bulan Juni hingga Agustus setiap bulannya telah diadakan beberapa kegiatan seperti Barista workshop, Coffee Plantation Trip, Coffee Cupping dan beberapa Talkshow.

    Caswells Coffee dengan bangga menjadi salah satu sponsor acara tersebut, dimana pada Java Barista Competition 2014 peserta berkompetisi dengan menggunakan produk Rancilio Classe 7E dan grinder terbaru dari Rancilio yaitu Kryo 65 OD.

    Event yang diadakan oleh PT Taman Delta Indonesia ini bertujuan untuk meningkatkan standard barista di Jawa Tengah. Moelyono, Sales Manager dari Taman Delta menyampaikan bahwa dia berharap suatu saat wakil Barista dari Jawa Tengah bisa menjuarai event barista Nasional dan bisa berkompetisi di ajang Internasional. Dan tujuan lain dari kegiatan ini adalah agar cafe owner bisa memahami sebuah proses pembuatan kopi yang benar.

    Pada Java Barista Competition ini standard kompetisi yang digunakan sudah mengacu pada  World Barista Championship (WBC). Dimana Sales & Marketing Manager kami yang juga bersertifikat WBC menjadi salah satu Head Judge.

    Intan Sakina dari Teammates Jogjakarta dinobatkan sebagai pemenang dari Java Barista Competition 2014 ini dan mendapatkan fully support untuk mengikuti ajang kompetisi barista nasional yaitu Indonesia Barista Championship 2015.

    Selain acara tersebut dalam waktu yang bersamaan juga diadakan acara Kontes Kopi Spesial ke-6 dimana 24 kopi unggulan dari berbagai wilayah penghasil kopi di Indonesia di uji cita rasanya.

    Para juri dari perwakilan kopi Kapal Api, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (ICCRI), dan beberapa pembeli dari luar negeri ikut ambil bagian dalam acara tersebut. Semoga dengan sering diadakannya acara tersebut perkopian di tanah air semakin maju pesat. Bravo kopi Indonesia.
    (Mira Yudhawati)