• AKUISISI PERUSAHAAN KOPI SPECIALTY INDONESIA – PT CASWELL’S INDONESIA

    RILIS MEDIA

    AKUISISI PERUSAHAAN KOPI SPECIALTY INDONESIA – PT CASWELL’S INDONESIA

    4 September 2017, Singapura – Hari ini Boncafé International Pte Ltd (“Boncafé” atau “Perusahaan”) dengan bangga mengumumkan bahwa Perusahaan telah menyelesaikan akuisisi 67% saham PT Caswells Indonesia dari pemilik sebelumnya. Penyertaan modal 33% yang tersisa akan terus dipegang oleh pemegang saham lama yang akan tetap menjadi mitra strategis Perseroan dalam jangka panjang.

    Dengan akuisisi ini, Boncafé akan memperluas kehadiran bisnisnya ke Indonesia, negara yang berkembang pesat dalam hal tingkat pertumbuhan konsumsi kopi tahunannya. Akuisisi PT Caswells Indonesia sangat sesuai dengan strategi Perusahaan yang bertujuan untuk menembus saluran Food Service, serta pasar Single Serve. Setelah kesepakatan ini, Perusahaan mengharapkan untuk melihat sinergi yang hebat pada peluang penjualan silang produk Perusahaan dan Grup (seperti “BONCAFÉ”, “SEGAFREDO ZANETTI” dan “LA SAN MARCO”) di Indonesia, serta pemanfaatan sumber daya internal yang lebih baik yang akan meningkatkan nama merek dan efisiensi operasional.

    Setelah selesai, Perusahaan akan mengajukan permohonan kepada badan pengatur yang relevan di Indonesia untuk mengubah nama resmi PT Caswells menjadi “PT BON CAFÉ INDONESIA”, dimana proses tersebut diperkirakan akan memakan waktu sekitar 2 bulan untuk diselesaikan.  

    “Indonesia dikenal sebagai produsen kopi terbesar keempat di dunia dan memiliki sejarah kolonial tentang budaya minum kopi yang kuat. Saya melihat peluang yang luas bagi Boncafé untuk memperluas kehadiran merek kami di kawasan ASEAN dimana permintaan akan kopi gourmet bermerek tumbuh di antara konsumen Indonesia yang cerdas. Saya sangat antusias untuk memulai perjalanan ini dengan tim saya di Indonesia untuk mewujudkan tujuan bisnis strategis kami bersama, ” jelas Joe Mohan, CEO Boncafé Group (Asia Tenggara & Asia Timur).

    “Di Caswells, kami sangat bangga dan bersemangat untuk menjadi bagian dari Boncafé dan Massimo Zanetti Beverage Group. Kami melihat akuisisi tersebut sebagai perkembangan yang wajar dalam pengembangan perusahaan. Dengan tambahan keahlian dan dukungan Grup, kami akan terus tumbuh dan berubah menjadi salah satu perusahaan kopi specialty terkemuka di negara ini menjadi salah satu perusahaan minuman terbesar di Indonesia, ” ungkap Peter Slack, Direktur PT Caswells Indonesia.

    “Akuisisi ini merupakan tonggak lebih lanjut Massimo Zanetti Beverage Group untuk membangun kehadiran yang kuat di Asia sebagai pilar strategi Grup kami untuk mengembangkan kegiatan bisnis Grup di negara dan wilayah dengan perkembangan kopi yang paling cepat berkembang di dunia. Grup akan terus memperluas dan mencari peluang untuk menjadi pemimpin di Asia terutama pada sisi Food Service dan terus berupaya meningkatkan hubungan dengan klien kami dengan memberikan produk dan layanan yang luar biasa, ” jelas Pascal Héritier, CEO Massimo Zanetti Beverage Group S.P.A.

     

    Tentang PT Caswells Indonesia

    Didirikan pada awal tahun 1999 di Jakarta, Indonesia, Caswells Indonesia merupakan specialty coffee roaster yang memiliki komitmen untuk menyajikan kopi specialty segar dan berkualitas di Indonesia. 

    Dengan menggabungkan tradisi kopi Italia terbaik, bisnis Caswell’s telah berkembang menjadi salah satu perusahaan kopi specialty terkemuka di Indonesia yang menyediakan solusi lengkap satu atap dengan menyediakan roasted specialty coffee baik dalam bentuk biji maupun bubuk, bersama dengan peralatan mesin kopi untuk para klien yang terdiri dari hotel, restoran, dan kafe. 

    Lab Caswell’s Coffee, yang berlokasi di Jalan Ampera Raya, Jakarta diakreditasi sebagai Specialty Coffee Association of America (SCAA) Campus pertama di Indonesia pada tanggal 1 Desember 2015. Caswell’s selama ini berkolaborasi dengan SCAA, asosiasi perdagangan kopi terbesar di dunia untuk membawa keahlian mereka ke Indonesia. Dengan ini Caswell’s menjadi tempat yang ideal untuk belajar dan mencicipi berbagai kopi specialty dari seluruh dunia. 

    Setelah berhasil mendapatkan sertifikasi sebagai SCAA Campus, Caswell’s memiliki lisensi untuk menyelenggarakan SCAA Pathways yang diakui secara internasional, dan Sertifikasi Q Grader yang dirancang oleh Coffee Quality Institute (CQI). Tim Caswell’s juga berpartisipasi dan memenangkan banyak penghargaan di kompetisi barista lokal dan regional. Tim Caswell’s terdiri dari personil berpengalaman yang terdiri dari 4 Q Grader bersertifikat, 2 SCAA Star Cuppers dan seorang juri di Kejuaraan Barista Dunia (WBC).

     

     Tentang Boncafé Group

    Boncafé Group adalah bagian dari Massimo Zanetti Beverage Group – perusahaan induk yang terdaftar di Milan, Italia – yang didirikan dan dipimpin oleh Massimo Zanetti. 

    Didirikan pada tahun 1962 di Singapura, Boncafé adalah produsen dan pemasok kopi gourmet terkemuka di ASEAN, Asia Timur dan Timur Tengah. Sebagai pelopor kopi gourmet ala Eropa di Asia Tenggara, dan dipandu oleh tradisi ketepatan dan pencapaian sempurna dari Swiss, Boncafé bangga terhadap produk dan layanan berkualitas kepada pelanggan dalam hal layanan makanan – hotel dan resor internasional, perusahaan penerbangan, restoran, klub dan gerai ritel dengan menjadi penyedia solusi minuman satu atap, memasok roasted coffee, kopi bubuk, teh, jus, produk siap saji, saus dan sirup, mesin kopi, smoothies serta campuran frappé

    Boncafé juga merupakan importir resmi dan pemasar kopi Segafredo Zanetti. Memiliki penelitian konstan dan fasilitas pemanggangan yang canggih, Segafredo Zanetti menyesuaikan tradisi dan inovasi untuk menghasilkan biji kopi terbaik. Misi merek ini adalah untuk menyebarkan rasa dan budaya “espresso” Italia ke seluruh dunia. 

     

    Tentang Massimo Zanetti Beverage Group

    Massimo Zanetti Beverage Group adalah perusahaan yang terdaftar di Borsa Italiana (Bursa Efek Italia) yang didirikan dan dipimpin oleh Massimo Zanetti. Grup ini terdiri dari jaringan perusahaan yang luas dan dalam pertumbuhan yang terus menerus dan pesat dalam skala global. 

    Grup mengelola setiap langkah dalam siklus produksi kopinya sendiri serta menjamin kualitas dan layanan terbaik di seluruh dunia. Seluruh rantai nilai roasted coffee dikendalikan oleh Grup, mulai dari pengadaan bahan baku hingga pemanggangannya, hingga akhirnya logistik produk dan pemasarannya. 

    Massimo Zanetti Beverage Group mencakup sejumlah merek internasional yang terkenal, yang sangat populer di kalangan distributor kopi terbesar dunia. Sebagian besar merek ini merupakan merek terkemuka di wilayah atau sektor tersebut, menawarkan beragam produk berkualitas tinggi, termasuk kopi, teh, coklat dan rempah-rempah. Perusahaan memanfaatkan pengetahuan teknologi Massimo Zanetti Beverage Group untuk merancang dan memproduksi bar dan mesin otomatis untuk layanan kopi kantor. Rantai ini dilengkapi dan didukung oleh jaringan waralaba coffee house yang terus berkembang.

     

    Untuk pertanyaan media, mohon hubungi:

     

    Tammy Chua (Ms)                                       

    Marketing Manager

    Boncafé International Pte Ltd

    Email: Tammy.chua@boncafe.com

    Tel: (65) 6776 2216

    Mobile: (65) 9061 9811

     

    Barabino & Partners                        

    Federico Vercellino

    f.vercellino@barabino.it

    Mobile: +39 331.57.45.171